torsdag 1. juni 2017

Cita-cita

Cita-cita saya setelah lulus mendapat ijazah dan gelar S.H jika belum menikah akan melanjutkan S2 (insha allah semoga keluarga saya dilimpahkan rezeki yang berlimpah) menjadi NOTARIS AAMIIN YA ALLAH YA RABBAL ALAMIN. Tetapi jika setelah lulus saya menikah saya akan melanjutkan pekerjaan bersama suami di tempat tinggal yang akan kami temapati. Cita-cita saya ingin menjadi notaris bermula dari saudara keluarga mama yang rata-rata sering membeli tanah, mereka bilang ntar kalo udah selesei kuliah jadi notaris ya biar gausah jauh-jauh kalo ngurusin surat tanah dll. Saya menceritakan cita-cita saya ke mama papa aa sam kak ayyu mas hengky dan algiva dika satria aprillio hehehe



Deskripsi sebagai notaris adalah sebagai berikut:
1. Membukukan surat-surat di bawah tangan dengan mendaftar dalam buku khusus (waarmerking).
2. Membuat kopi dari asli surat dibawa tangan berupa salinan yang memuat uraian sebagaimana ditulis dan digambarkan dalam surat yang bersangkutan.
3. Melakukan pengesahan kecocokan fotokopi dengan surat aslinya (legalisir).
4. Memberikan penyuluhan hukum sehubungan dengan pembuatan akta.
5. Membuat akta yang berhubungan dengan pertanahan.
6. Membuat akta risalah lelang.
7. Membetulkan kesalahan tulis dan/atau kesalahan ketik yang terdapat pada minuta akta yang telah di tanda tangan, dengan membuat berita acara (BA) dan memberikan catatan tentang hal tersebut padaminuta akta asli yang menyebutkan tanggal dan nomor BA pembetulan, dan salinan tersebut dikirimkan ke para pihak (pasal 51 UUJN).


Syarat menjadi notaris adalah sebagai berikut:
1. Seorang Warga Negara Indonesia
2. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
3. Berumur minimal 27 tahun
4. Lulusan S1 Sarjana Hukum.
5. Lulusan S2 Kenotariatan.
6. Telah Magang atau telah bekerja sebagai karyawan Notaris dalam waktu 24 bulan secara berkesinambungan pada kantor Notaris setelah lulus S2 Kenotariatan.
7. Tidak sedang memangku jabatan lain yang oleh undang-undang dilarang untuk dirangkap dengan jabatan Notaris seperti Pegawai Negeri Sipil, Advokat atau  Pejabat Negara.

Gaji seorang notaris tergantung klien. 

Saya sekarang sedang menempuh di Fakultas Hukum UMY semester 2, insha allah 3,5 tahun lagi lulus menjadi Sarjana Hukum. Dan saya akan mengajukan beasiswa S2 kenotrariatan di UI aamiin jika tidak saya akan melamar ke perusahaan bekas papa saya bekerja di kantor pertamina sebagai penasehat hukum.

Ingen kommentarer:

Legg inn en kommentar